Seperti diketahui bahwa perusahaan Alibaba mencaplok perusahaan pengiriman uang MoneyGram. Melalui anak perusahaan dari Alibaba yaitu Ant Financial mengakuisisi perusahaan asal Amerika Serikat (USA) MoneyGram. Ini merupakan prestasi hebat lagi bagi perusahaan digital raksasa dari China Alibaba dengan pendirinya Jack Ma. Perusahaan Jack Ma ini membeli MoneyGram senilai USD 880 juta / US Dollar.

Kurs CNY Hari Ini
Berarti perusahaan Alibaba dengan produknya Alipay akan mempunyai tambahan dari akuisisi MoneyGram kurang lebih 350.000 gerai jasa pengiriman uang yang tersebar hampir di 200 negara di dunia.

Otomatis kebijakan dari perusahaan Alibaba ini akan meningkatkan kinerja dari Alipay yang merupakan usaha pembayaran online atau jasa pembayaran di China, yang dimiliki Alibaba Group Holding Ltd. Keberhasilan perusahaan sebesar Alibaba adalah di Alipay itu sendiri.

Barang asal China dari ekspor impor China maupun barang grosir China sudah membanjiri market di Indonesia. Apalagi saat Alibaba dan pembebasan biaya Alipay telah memasuki Indonesia.


Indonesia sendiri banyak mengimpor barang dan produk dari China:
  1. Mesin-mesin atau pesawat mekanik
  2. Mesin/peralatan listrik
  3. Besi dan baja
  4. Benda-benda dari besi dan baja
  5. Bahan kimia organik
  6. Plastik dan barang dari plastik
  7. Pupuk
  8. Bahan kimia anorganik
  9. Filamen buatan
  10. Kapas
Jack Ma berjanji akan membawa Alipay dipakai untuk perdagangan online di Indonesia. Jack Ma pun berjanji akan membebaskan biaya layanan Alipay untuk usaha di bawah 1 juta dollar AS (USD). Meski hal ini masih terbentur dengan regulasi pemerintah Indonesia.

Bila kondisi itu akan terjadi di Indonesia, maka permintaan yuan pun akan meningkat.